Begin Again

by - April 27, 2016

Beberapa bulan lalu, saya memang sudah menyerah. Beberapa bulan terakhir setelah kontrak saya habis, saya selalu mencari-cari pekerjaan di Jakarta. Setelah beberapa kali membuat saya harus bolak-balik Jakarta-Serpong lebih dari 2 kali selama seminggu dan itu perjuangan banget menurut saya. Saya masih gagal belum ada sama sekali yg kecantol, karena saya melamar bukan sebagai profesi saya saat ini. Mungkin memang belum saaatnya saya berganti profesi, mungkin. Kemudian tak berapa lama dan saya sudah hampir menyerah, tapi lamaran masih saya kirim-kirim kemana-mana. Akhirnya saya mendapat panggilan interview kembali dan saya diterima tetapi bukan di posisi yang saya lamar. Lagi-lagi saya galau menentukan, apakah saya terima tawaran itu atau tidak. Setelah berkonsultasi dengan orang-orang terdekat, akhirnya saya memilihnya untuk melanjutkan hidup saya. Ciyee.

Dan saya sudah diterima di perusahaan baru, sudah tanda tangan kontrak dan siap untuk resign. Lebih tepatnya pada bulan Desember tahun lalu. Entah kenapa kok rasa-rasanya saya nggak terlalu semangat banget dengan keputusan saya saat itu. Tapi saya lanjutkan, saya mencoba bilang ke atasan bahwa saya mau resign. Kemudian hari itu juga diinterogasi macem-macem dan diberi petuah-petuah #halah. Biasa lah meyakinkan buat nggak resign. Dan saya goyah. Saya bilang ke atasan bahwa memang saya belum yakin dengan keputusan saya. Akhirnya atasan memberi saya waktu, suruh memikirkan lagi apa keputusannya. Dan setelah itu saya galau luar biasa.

Saya bertanya kepada keluarga di rumah, tapi jawaban mereka semua ‘terserah kamu nduk’ yang lebih membuat saya merasa nyaman yang gimana. Ya begitulah jawabannya, orang tua selalu mementingkan keputusan saya dan baru mereka akan selalu mendukung apapun keputusan yang saya ambil. Karena yang tahu mana yang terbaik ya saya sendiri. Kemudian saya konsultasi dengan mas gembul(*cowok yg mesti ngga mau ngalah kalo debat sama saya -_-). Dia sih menyarankan untuk resign dan tetap melanjutkan ke perusahaan yang sudah saya taken itu. Dia juga berulang kali meyakinkan saya, dengan alasan kasihan dengan saya yang saat itu harus motoran Jakarta-Serpong seorang diri. Selain itu, mesti sambatnya itu lo ke dia haha, mungkin dia sudah di batas lelah dengar sambatan-sambatan saya tiap weekend *senyumkecut.

Tapi mau gimana lagi, kondisinya saya sudah pingin resign banget. Tapi hati ini masih belum bisa berlabuh halah. Daripada nanti nyesel di kemudian hari, akhirnya saya beranikan diri ngomong ke mbaknya yang di perusahaan baru. Saya bilang ke mbaknya kalo saya nggak bisa, dengan berbagai alasan. Setelah berkali-kali di telpon bla-bla-bla dan juga debat lewat wa sama mbaknya, mungkin mbaknya lelah. Dan akhirnya dia mengalah, saya bebas dari itu *ketawa setan. Dengan keputusan saya itu, artinya saya masih harus mau untuk motoran jauh Jkt-Serpong seperti sebelum-sebelumnya. Saya masih legowo lah ya, entah hati jadi lebih adem, awalnya.  

Setelah melewati akhir tahun, di divisi saya waktu itu ada perombakan besar-besaran. Yang mana tiap tahun emang pasti ada perombakan, tapi yang ini beda dari tahun-tahun yang sebelumnya. Sepertinya tidak perlu saya bicarakan disini ya, terlalu privasi sepertinya. Setelah memasukin fase itu, saya merasa semakin hari semakin saya sudah tidak menginginkan ini lagi. Saya merasa sudah di puncak titik lelah saat itu. Sudah tidak memiliki semangat lagi, ke kantor udah males-malesan berangkatnya siang, kalo ada kerjaan males banget mau nyentuh. Kecuali kalo lagi sama temen-temen kantor masih adalah bahagianya, serasa beban itu ilang dengan sendirinya. Seenggaknya di kantor masih bisa ketawa-ketawa meskipun hati ini teriris wkwk. Guyonan-guyonan geng keles yang duduknya nggak terlalu jauh, bikin suasana kantor lebih nyaman lah. Tapi masih saja, rasa nyaman itu terkalahkan dengan semua rasa lelah itu.

Akhirnya saya melanjutkan lagi untuk pencarian perusahaan baru. Saya dapat panggilan di Tokopedia. Kemudian dengan saran yang sama, saya diarahkan ke posisi lain yang sama seperti profesi saya sekarang. Tapi masih juga belum lolos, padahal saya sangat-sangat berharap bisa bekerja disini. Sempat waktu itu sebelum saya cuti untuk pulang, ada panggilan interview di Go-Jek. Saya sudah berharap banget ketrima disitu, tapi entah sepertinya masih ada yg kurang :D yasudah saya tunggu saja sampai 2 minggu, ternyata ya benar memang masih belum beruntung hhe. Kemudian setelah cuti habis, saya kembali ke Jakarta dan kemudian ke Serpong. Saya coba-coba kirim lamaran lagi. Alhamdulillah, saya interview dan prosesnya hanya sehari saja. Saya diterima di kantor saya yang sekarang ini. Tanpa pikir panjang langsung saja saya terima tawaran tersebut. Dan saya lengkapi segala keperluan dokumennya. Dan tinggal saya mengajukan pengunduran diri kembali di kantor lama. Ya, saya mengundurkan diri dengan sebenar-benarnya pada tanggal 18 Februari 2016.

Setelah mengajukan pengunduran diri, saya berada di One Month Notice sebelum benar-benar keluar di kantor. Setelah sekitar 1 mingguan, saya mendapat telepon dari Tokopedia, bahwa akan ada interview lanjutan untuk posisi yang diarahkan oleh hrd. Saya kaget, saya pikir keduanya tidak lolos makanya saya tidak menunggu dan mencari perusahaan lain L Akhirnya dengan berat hati saya tolak undangan interview tersebut hiks. Ini hal yang paling membuat galau dan kesel L Setelah itu ya gitu, galau nggak abis-abis cuma gara-gara di telfon Tokopedia L Setelah curhat ke bebeb gembul dan mamy, katanya suruh ngikhlasin aja. Mungkin ya emang bukan rejeki saya kerja disitu, mungkin lain kalo udah rejeki ya bakal bisa masuk kesitu #ngademin galau lah seenggaknya. Setelah kejadian ini, saya lanjutkan untuk menikmati masa-masa terakhir di kantor lama. Udah nggak ada kerjaan, berangkat makin siang daan cuma ketawa-ketawa ajah kerjanya. Tapi kurang 1,5 minggu aku disitu ada kerjaan yang urgent banget dan pas lagi ga ada orang yang bisa ngerjain. Akhirnya aku ngerjain itu kerjaan, hari-hari terakhir berasa otak diperes euy. Ngerjain sendirian yang sebenernya itu logikanya udah salah dari awaal L Jadinya saya ngecek dan benerin mulai awal lagi dan hingga akhir fyuuh. Apalagi atasan bilang kalo belum selesai nggak bisa resign, kan makin syebel ya. Tapi untungnya ya, 2 hari sebelum saya hari terakhir saya bisa menyelesaikan kerjaan itu J

Mungkin masih ada pihak lain yang merasa kecewa dengan keputusan yang saya ambil, kenapa nggak mau diajak lari bareng. Bukannya saya nggak mau lari bareng, saya juga ingin lari kenceng bareng-bareng tapi sayangnya arah dan tujuan kita beda J so that’s all.

Memang tidak semua keputusan yang kita ambil itu benar, tapi setidaknya jika itu menurut kita yang terbaik kenapa tidak? Tinggal bagaimana kita nantinya akan tetap bertahan di pilihan itu. Saat ini apa yang saya miliki sekarang memang tidak sebaik yang sebelumnya, tetapi jika hati saya merasa nyaman dan adem itu lebih dari cukup untuk membuat saya bahagia hingga hari ini. Thanks buat semua orang yang telah membuat saya terharu untuk kesekian kalinya dalam hidup saya J



You May Also Like

2 comments