Anak Kos Wajib Punya INI !!

by - September 05, 2014

Banyak yang bilang kalo anak kost itu hidupnya menyedihkan. Ada yang bilang, ngekost bikin kuruslah, pokoknya dimata orang anak kost itu selalu memprihatinkan. Bahkan dimata anak kost itu juga, hmmm. Yap, itu kalau dilihat dari sisi negatifnya. Tapi kalo dilihat dari segi positifnya, banyaak banget yang menguntungkan buat para anak kost lho :D Salah satunya, yaitu anak kost jadi lebih mandiri. Kenapa? karena apa-apa sendiri, yang biasanya manggilin emaknya buat apa-apa, sekarang NO ! mau manggilin emaknya sampek ribuan kali, kalo emaknya jauh ya mau gimana lagi. 

Buat yang udah lama ngekos, mungkin udah biasa ya. Jauh dari rumah, jauh dari emak, babe. Ataupun baru jadi status anak kost, tapi keuangan masih mengalir dari ortu dan tempat kosnya udah lebih dari istimewa, pasti nggak masalah. Yang jadi masalah adalah, kamu anak kost an yang sedang kerja nggak mungkin masih minta dialirin terus keuangannya sama ortu, nggak malu tuh?. Mungkin juga sambil kuliah, mungkin juga gaji masih pas-pasan. Intinya, pingin hidup sederhana ajalah biar bisa nabung buat masa depan #eaa..

Aku punya beberapa tips nih buat para anak kost an yang wajib dimiliki, biar nggak memprihatinkan banget kalo lagi di kost an. Tapi kalo buat para cowok, mungkin nggak terlalu mikir banget sama sesuatu kayak begini. Soalnya para cowok lebih milih cepet dan instan, contohnya langsung beli di warteg atau di warung-warung terdekat. 

1. Magicom


Sumber : disini


Magicom emang perlu banget ini, karna bisa bikin apapun pake magicom. Contohnya selain bisa bikin nasi, bisa juga bikin mie instan. Nggoreng telor juga bisa, tapi agak ribet sih. Mau bikin roti bakar juga bisa, buat ngangetin sayur juga bisa. Misalnya kalo pas bulan puasa, pas sahur males buat keluar bisa aja nih beli sayur pas malem trus ditaruh di magicom biar tetep anget. Berguna banget kan..! Harga magicom yang kecil mungkin nggak sampe 200ribuan.


2. Teko Listrik


Sumber : disini

Teko listrik fungsinya buat ngrebus air, mau buat susu, teh atau kopi, bikin mie instan juga bisa. Mau ngrebus sayur juga bisa. Yang pasti lebih simple lah. Harganya sekitar 45ribuan, bisa dapet lebih murah kalo bisa ditawar ke penjualnya :) Kalo dirumah teko listrik dibilang hitter atau heater atau apalah itu. Tapi sebutannya kayak gitu, tapi nulisnya nggak tau gimana. Jadinya waktu nyari barang ini ke pasar di Jakarta, waktu ngomong ke penjualnya nggak ada yang ngerti :v


3. Pisau



Sumber : disini


Ngliat gambar pisau diatas, jangan mikir macem-macem ya. Bukan buat mbunuh mantan, karna pingin bales dendam. Maksudnya pisaunya itu pisau dapur, buat ngiris-ngiris sayur yang mau dimasak gitu. Sapa tau juga ada temen kos yang kebetulan lagi dapet rejeki, trus kita dikasih buah apel. kan lumayan buat ngupas apelnya :)
Tapi bisa juga sih, kalo ada orang yang nggak dikenal di kosan trus macem-macem dan membahayakan keselamatan kita, bisa jadi solusi :D


4. Kompor Portable


Sumber : disini


Sebenernya kompor nggak butuh-butuh banget sih. Tapi kalo butuh ya nggakpapa. Lebih enak sih, bisa masak telor lebih mudah, masak yang lain juga lebih enak. Tapi punya kompor, berati juga harus punya peralatan yang lain. Contohnya wajan atau teflon, dan sutil (bahasa Indonesianya apa ya?). Jadi kalo beli kompor, harus ngeluarin dana lagi buat beli yang lain. Oya, harga kompor kayak gini bervariasi, yang mahal ada yang murah juga ada. Tapi kalo nggak salah yang paling murah 150ribuan udah bisa dibawa pulang :D


5. Kotak Makan


Sumber : disini


Kalo punya kotak makan, bisa menghemat juga lho. Misalnya ke kantor, cuma bawa nasi doang dan tinggal beli lauk aja. Kan udah ada magicom tuh, jadi bisa ngurangin pengeluaran buat beli nasi. Lumayan bisa ngurangi jatah makan siang. Atau bisa juga buat mbekal roti karna nggak sempet sarapan.


6. Botol Minum


Sumber : disini


Botol minum berguna banget kalo lagi dikantor, kalo dateng siang pasti persediaan gelas di pantry udah abis. So, botol minum bisa jadi solusinya. Selain itu, kalo galon lagi susah di warung deket kosat an bisa juga bawa air di botol minum dari kantor pas pulang kerja. Apalagi yang botol ukuran 1 liter, lumayan banget tuh buat ngurangin pengeluaran galon :P


7. Mie Instan

Sumber : disini

Mi instan selalu jadi solusi buat para anak kost, apalagi pas lagi tanggal-tanggal tua. Mi instan pasti nggak pernah ketinggalan. Tapi ingat yaa, minimal 1 minggu maksimal cuma boleh 2 bungkus mi instan. Terlalu sering mengkonsumsi mi instan nggak baik buat kesehatan. 


8. Sambel Pecel


Sumber : disini


Buat pecinta sambel pecel yang dari daerah Jawa Timuran, pasti kalo habis pulang kampung pasti bawa makanan yang satu ini. Selain instan, juga bisa tahan lama. Selain itu, kadang bisa jadi tombo kangen pas lagi kangen masakan dirumah. Tapi terkadang sampe bosen-bosen juga sih, pas pulang kampung oleh-olehnya sambel pecel, eee pas dikirim paketan juga ada sambel pecelnya. Padahal sambel pecel yang sebelumnya belum abis.


9. Saus sambal + Kecap


Sumber : disini

Udah tau kan, fungsinya saus sama kecap. Bisa jadi pelengkap makanan yang cukup praktis. Makan gorengan, bisa pake saus. Makan mi goreng, bisa juga ditambahin kecap kalo dibungkusnya lupa nggak dikasih kecap :v
Kalo yang suka banget sama pedes, bisa juga pake Bon Cabe yang ada level-level pedesnya (y).


10. Galon


Sumber : disini


Dan yang terakhir adalah, GALON. Usahain kalo ngekost pasti punya galon. Soalnya dengan adanya galon, lebih hemat banget daripada beli per botol yang 1,5 liter. Selain itu, bisa mengurangi sampah botol minum guys :) Let's GO GREEN !
Oya, kalo punya galon jangan lupa beli pompanya juga ya. Kebayang kan kalo mau nuang air dari galon ke gelas kalo nggak pake pompa, gelasnya kecil pula. Baru nuang bisa langsung tumpeh-tumpeh kemana-mana airnya. Udah capek ngangkat galon, abis itu ngepel pula :P Kan bisa jadi kerja dua kali tuh !


Mungkin cukup itu saja yang bisa dishare di posting kali ini, semoga bermanfaat :)

You May Also Like

1 comments

  1. di kosan gue udah beli magicom tapi gak pernah dipake lagi. hitung-hitung sama aja kalo makan di warung, malah tambah ribet kalo masak karena cuci piring lagi hahha.
    untuk minumnya saya beli dispenser, .. Hidup Anak Kost! :)

    ReplyDelete